On 10:46 AM

Wow! Ini 5 Manfaat Makan Dua Buah Kurma Setiap Hari


Kurma, buah kurma merupakan buah yang asli dari tanah arab. Dikenal sebagai buah yang sangat kaya manfaat. namun sayangnya sebagian dari kita atau masayarakat awam hanya mengkonsumsi buah ini disaat bulan ramadhan saja.

Padahal jika dimakan setiap hari kurma akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Kurma juga sangat kakya akan mineral dan asam aminonya loh. pengen tahu manfaat lengkapnya? simak uraian berikut:

1. Sumber Energi

Kurma adalah makanan sumber energi tinggi yang menghasilkan sekitar 300 kkal Energi degan 100 gram kurma. di 100 gram kurma terdapat kandungan gula alami (glukosa, sukrosa, dan fruktosa) sekitar 29 gram. memiliki sekitar 3 gram serat makanan, dan juga memiliki 31 gram karbohidrat.

Buah ini dianggap penting didalam budaya islam dan menjadi bagian makanan yang tak terlewatkan dari hidangan buka puasa. Karena setelah puasa, tubuh membutuhkan makanan untuk meningkatkan energi, dan buah kurma inilah yang menjadi pilihan terbaik. Adapun manfaat dengan berbuka puasa dengan mongkonsumsi buah ini, yaitu untuk mempersiapkan sistem pencernaan untuk makanan utama atau berikutnya.

2. Membantu Pencernaan

Kurma mengandung 20 jenis asam amino yang berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan pada tubuh kita. Kenapa? karena buah kurma ini memang mudah dicerna dan mampu memberi tubuh kita energi untuk beraktifitas fisik sekitar setegah jam setelah mengkonsumsi. 

Selain manfaat diatas, mengkonsumsi buah kurma saat berbuka puasa akan membantu kita menghindari makan berlebihan. Faktor yang membuat rasa lapar yaitu karena tubuh kita kekurangan gulam dalam darah. Selain itu, serat makanan dan nutrisi lain didalam buah kurma ini akan diserap dengan cepat sehingga mampu mencegah seseorang makan berlebihan setelah seharian berpuasa.

Baca Juga



3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tidak hanya bebas natrium, buah kurma juga tinggi akan kalium sehingga dengan mengkonsumsi buah ini akan membuat rasio natrium dengan kalium menjadi seimbang. Karena jika rasio natrium dan kalium bisa seimbang, membuat tekanan pada dinding arteri tidak akan terlalu tinggi. Selain itu, buah kurma bebas akan kolesterol yang lagi-lagi bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Karena itu, kurma mampu mengendalikan tekanan darah sekaligus menjadi makanan sehat untuk jantung kita. Adapun penelitian yang mengungkapkan asupan kalium tinggi (sekitar 400 mg) dapat mengurangi resiko stroke sebesar 40%.

4. Kurma Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus selalu memperhatikan indeks glikemik (GI) dari makanan yang dikonsumsinya. GI yang rendah maka akan semikin baik untuk penderita diabetes ini. Terdapat lebih dari 300 varietas kurma yang memiliki GI berbeda. kurma rata-rata memiliki indeks glikemik sebesar 103 yang termasuk tinggi.

Namun, penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Uni Emirat Arab (2001), tiga varietas kurma: khalah, barhi, dan bo ma'an memiliki GI masing-masing 35,5, 49,7 dan 30,5.

Penelitian ini menunjukan bahwa kurma juga dapat dianggap sebagai makanan dengan GI rendaj, asalkan kita mengkonsumsi varietas tersebut.

5. Mencegah Anemia

Di setiap 100 gram kurma mengandung sekitar 0,90 miligram zat besi. dengan Mengkonsumsi kurma secara teratur akan memberi tubuh kandungan zat besi dibutuhkan

Wanita hamil disarankan untuk mengkonsumsi kurma ini, kenapa? karena untuk mencegah anemia akibat defisiensi zat besi pada ibu dan anak.

Namun, karena vitamin C diperlukan untuk penyerapan zat besi, sangat penting juga untuk mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin C. Jika ada pasien yang menderita anemia dengan mengkonsumsi beberapa butir kurma setiap hari untuk meningkatkan zat besi dalam darah, ini sangat disarankan.

Demikian artikel yang bisa disampaikan dari Healtymagz tentang Manfaat makan Buah Kurma Setiap Hari, semoga bermanfaat.
Masukkan email untuk mendapatkan update aplikasi PlanetDroid.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »